Rabu, 15 Juni 2011

OBSERVASI GERHANA BULAN TOTAL (16-06-2011)


serangkaian acara Seminar dan observasi gerhana bulan total yang terjadi pada kamis (16/06) yang diselenggarakan oleh CSS MoRA IAIN Walisongo dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Konsentrasi Ilmu Falak (HMJ KIF) akhirnya berlangsung dengan sulkses. acara yang digelar mulai pukul 19.00 WIB sampai pukul 05.10 WIB ini, banyak menghipnotis peserta, dibuktikan ratusan peserta mulai dari mahasiswa sampai umum menghadiri seminar dan observasi ini.
seminar yang bertema "membaca ayat Tuhan Melalui Gerhana" awalnya diagendakan akan diisi oleh Ahli Falak PBNU, Bapak KH. Slamet Hambali, namun beliau berhalangan hadir dikarenakan ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan. oleh karenanya, seminar kali ini diisi oleh Dr. Eng. Rinto Anugraha, seorang pakar Fisika dari Universitas Gajah Mada dan lulusan Kyoto University Jepang. acara berlangsung dengan khidmat dan menarik, dengan banyaknya penanya disaat sesi diskusi dimulai.
Sambil menunggu Observasi Gerhana Bulan Total, pada jeda acara setelah seminar diisi dengan beberapa performa yang ditampilkan Oleh Mahasiswa pasca Sarjana KIF, dan Tim Teater Asa dengan Puisi dan Gambang Sholawatnya. dengan adanya performa ini, dapat menemani peserta yang mulai mengantuk.
tepat pukul 01.30 dini hari, Observasi Gerhana Bulan Total dimulai. ada beberapa peralatan yang telah disiapkan untuk membantu jalannya observasi gerhana bulan total ini. Diantaranya, 2 Teropong otomatis (vixen, 1 teropong manual, dan 2 theodolit. pada saat ini gerhana bulan masih baru saja kontak atau awal penumbra,dan observasi gerhana bulan ini terus berjalan hingga bulan telah benar-benar tertutup dari cahaya matahari.
pada moment inilah, acara dilanjutkan dengan sholat gerhana berjamaah yang diimami oleh Bpk. Dr. H. Arja Imrani, M.Ag Ketua Prodi Konsentrasi Ilmu Falak, dan sebagai khotib adalah Syekh Mahmud Ali dari mesir. sholat gerhana ini dilaksanakan tepat pukul 02.30 WIB pada saat gerhana bulan telah mencapai puncak total.
setelah sholat gerhana selesai, peserta mulai berkurang dikarenakan rasa kantuk yang tak tertahankan. sehingga observasi dilanjutkan hanya oleh beberapa mahasiswa saja. kontak awal gerhana bulan telah selesai terjadi sekitar pukul 03.58 WIB. hingga pukul 05.30 WIB observasi dan rangkaian acara ini diakhiri.

untuk foto-foto observasi bulan silakan download di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar