Sabtu, 11 Juni 2011

SARASEHAN "GERHANA BULAN TOTAL"


Bertepatan pada tanggal 16 Juni besok dengan adanya gerhana bulan total, maka Mahasiswa Jurusan Konsentrasi Ilmu Falak (HMJ-KIF) berinisiatif untuk melakukan observasi atas kejadian alam tersebut.
Oleh Karenanya, melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan Konsentrasi Ilmu Falak (HMJ KIF)beserta Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSS MoRA)IAIN Walisongo yang merupakan wadah organisasi Mahasiswa PBSB Kementerian Agama RI, mengadakan SARASEHAN dengan mengangkat tema "MEMBACA AYAT TUHAN MELALUI GERHANA". acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2011 pada pukul 19.00 WIB dan bertempat di Auditorium 1 Kampus 1 IAIN Walisongo Semarang.
SARASEHAN ini akan didesain untuk diikuti oleh masyarakat umum baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarkat. sebagai Narasumbernya, kami menghadirkan Dr. Eng. Rinto Anugraha, seorang Dosen dan Pakar Fisika Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta yang juga alumnus Kyoto Unoversity Jepang. selain itu, juga menghadirkan Ahli Falak PBNU yang juga dosen Fakultas Syari'ah IAIN Walisongo, yaitu Drs. H. Slamet Hambali, M.SI, yang baru-baru ini telah menemukan formula baru dalam menentukan Arah Kiblat dengan Segitiga Siku-siku dari Bayangan Matahari.
selanjutnya, yang merupakan rangkaian acara sarasehan ini, akan dilaksanakan Observasi Gerhana Bulan yang akan dipandu langsung oleh KH. Ahmad Izzuddin, M.Ag. Ketua Asosiasi Dosen Falak ndonesia (ADFI) dan Bapak Hendro Setyanto, pengurus Observatorium Boscha dan NU Mobil Observatory (NUMo) dan juga pakar-pakar ahli falak dari IAIN Walisongo dan kanwil Kemenag Jawa tengah. observasi ini akan mulai pada pukul 00.00 WIB, dengan mengingat waktu awal penumbra yaitu pukul 00.24 WIB, sehingga sebelum observasi dimulai ada sedikit pengarahan tentang gerhana itu. sebagai alat bantu observasi, panitia telah menyediakan beberapa teropong bintang dan Theodolit.
Acara Selanjutnya, sebagai implementasi syariah Islam yang mengajarkan adanya ibadah ketika terjadi Gerhana bulan maupun matahari, yaitu sholat gerhana. Sholat gerhana ini akan diimami oleh ketua prodi Konsentrasi Ilmu falak, Bpk. Drs. H. Arja Imroni dan khotib Bpk. H. Ahmad Izzuddin. sholat ini dilaksanakan ketika gerhana bulan telah terjadi total, yaituy pada pukul 02.30 WIB.
Oleh karenanya tidak ada ruginya ketika kita menghadiri rangkaian acara tersebut. karena dalam rangkaian acara tersebut terdapat banyak ilmu dan khikmah yang akan didapatkannya. Dan acara ini diselenggarakan atas Kerja sama dengan Mahasiswa PAsca Sarjana Konsentrasi Ilmu Falak IAIN Walisongo, Pusat Layaanan Falakiyah (PUSLAFALAK) fakultas Syariah IAIN Walisongo, dan Badan Amalan Islam IAIN Walisongo Semarang. semoga acara ini bisa menjadi jembatan untuk kita tetap bertaqorrub ila Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar